TPID Laksel Gelar Musyawarah Antar Desa

Nualain.desa.id, Jumat, 14 Juni 2019, TPID (Tim Program Inovasi Desa) Kecamatan Lamaknen Selatan, gelar Musyawarah Antar Desa (MAD) dengan agenda Sosialisasi PID di Kantor Camat Lamaknen Selatan, Piebulak.
Peserta yang hadir dalam MAD, Para Kepala Desa, BPD, Sekretaris Desa, Camat Laksel  beserta Jajarannya.


Camat Laksel, Wendelinus Meak Mali, SE, dalam opening MAD menyampaikan, Kali Ini MAD masih terpusat di Kecamatan . Kedepannya kita berkunjung dari Desa ke Desa untuk menyentuh langsung Masyarakat Desa. Program ini berasal dari pusat dan kepengurusan sudah kita bentuk dan sudah mengantongi SK sesuai aturan dari Dinas PMD diantaranya non PNS, pengurus Parpol dan ketentuan lainnya. Jadi Pengurus yang ada saat ini adalah orang-orang bebas. Itu sudah kami konsultasikan. “Terkait Program dan kehadiran TPID dalam Desa sudah dibahas di Kabupaten dan itu harus kita Akomodir”. Ungkapnya diselah Sambutan. Nanti lebih jelasnya tentang rencana Tingkat lanjut akan dipandu oleh Tim Ahli dari Kabupaten, jadi kita yang hadir akan rumuskan bersama sampai pada evaluasi Nanti.


Tenaga Ahli PMD (TA-Teknologi Tepat Guna), Selaku pemateri pertama Konstan Ofir Kaseh, dalam materinya tentang Persiapan pasca Kegiatan MAD 1 TPID, menyampaikan regulasi yang mengatur tentang TPID, diantaranya UU No. 6 TA 2014 tentang Desa, tentang inovasi desa serta manfaatnya, Prinsip-prinsip PID, singkatnya materi ini terkait tentang rumusan dan Tupoksi  TPID.

 

Materi ke- dua oleh Philipus D. Lay, Tentang Kelembagaan PID. Penguatan materi pertama tentang tupoksi PID diantaranya tahapan kegiatan PID salah satunya tentang Bursa Inovasi Desa (BID), “Nanti kita sepakati bersama waktu dan tempat yang pas untuk lakukan BID sebelum MUSDES, sehingga program yang akan kita sepakati dalam BID,  akan ditandatangani dalam kartu komitmen oleh Kepala Desa, sehingga dapat terealisasi di Tahun 2020 secara serentak di seluruh Desa. tergantung kespakatan kita”. Nanti ada pendampingan oleh Panitia dari PID sehingga kegiatan yang sudah disepakati dapat berjalan maksimal.  Tutur Philipus.

Salah satu peserta MAD,  Martinus Seran,  Kepala Desa Nualain mengapresiasi sosialisasi hari ini, “Setelah kita buat kesepakatan sebentar, kami menunggu informasi dan pendampingan dari TPID,  sehingga berjalan searah sesuai dengan arahan dari pusat”.

Program Inovasi Desa ini sudah serentak secara Nasional. Prioritas Pemerintah Pusat lebih menitikberatkan pada persoalan stunting. Karena sudah menjadi masalah nasional. Jadi Pemerintah sangat fokus pada persoalan ini melalui kerja sama semua instansi. Selain itu, dalam perjalanan PID, tim akan terus mendampingi Desa sehingga program inovasi terus berkembang disemua wilayah agar Dana Pemerintah yang disalurkan dapat terpakai secara tepat guna.  SLT.

Facebook Comments
About adminnualain 10 Articles
Admin web desa Nualain. @surilebotheodorus

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan