PMD Gelar RAKOR Tim Inovasi Desa Kabupaten Belu Tahun 2019

Nualain.desa.id, Senin 27 Mei 2019. Rapat koordinasi Tim inovasi kabupaten dan sosialisasi program inovasi desa TK Belu 2019. Dinas PMD Kabupaten Belu selenggarakan Rakor Tim inovasi kabupaten Tingkat Kabupaten belu di aula hotel nusantara dua.
Dalam acara ini panitia menghadirkan pemateri diantaranya Sekda Belu Petrus Bere, Kabid PPD PMD provinsi NTT, Frans Sape, SH. Korwil V NTT, Silvester Tentang kebijakan inovasi desa, evaluasi dan perencanaan serta keberlanjutan PID, materi Persoalan desa, Pemanfaatan dana desa tepat guna serta penggalian gagasan yang berkwalitas dan inovasi Desa. Kegiatan Ini terdiri dari dua sesi dalam bentuk Panel. Peserta yang hadir berasal dari TPID Kecamatan, Dinas dan OPD terkait dan Pendamping desa.

 

Dalam sambutannya, Asisten I, mewakili Bupati menyampaikan, Pemerintah sudah bertekad membangun Indonesia dari pinggiran. Pemerintah memberi wewenang penuh kepada Masyarakat Desa untuk menentukan sendiri gagasan dan perencanaan sesuai kebutuhan di Desa. PID Ini bermanfaat untuk meningkatkan kwalitas penggunaan dana desa, sehingga peserta yang hadir hari ini, diharapkan dapat memberikan ide atau gagasan yang belum ada di Desa. Ini butuh kerja sama lintas sektor. Pemerintah bersama badan usaha bahu membahu agar program inovasi yang sudah dibentuk tidak berhenti dalam perencanaan saja. Salam merdesa. Ungkapnya melalui AS I.
Mewakili Pemerintah Pusat, staf Korwil V NTT, silvester menyampaikan bahwa kebijakan program inovasi desa sudah diatur dalam Kementrian Desa. Ada beberapa komponen program utama yang sudah dicetus antara lain, Pengelolaan pengetahuan Inovasi Desa, penyedia peningkatan kapasitas teknik (P2KTD) dan Pengembangan SDM, tujuannya untuk meningkatkan perencanaan yang berkwalitas dan mematik kreatifitas Desa dalam mengoptimalkan potensi yang dimiliki.
Hal lain juga disampaikan Silvester tentang stunting. Angka stunting di NTT mencapai 40% lebih. Ini sudah menjadi urusan Pemerintah, bukan orang tua dari anak maupun keluarga saja. Data pusat sangat signifikan sehingga semua upaya melalui Dinas terkait bahu membahu agar persoalan ini dapat di minimalisir.
Frans Sape, dalam materinya tentang Evaluasi dan perencanaan PID tentang prioritas pembangunan Desa tahun 2019 serta isu strategis di NTT yaitu Miskin di bidang sandang pangan, papan, Miskin bidang Kesehatan dan pendidikan. Beberapa kebijakan Pemprov. NTT yaitu dari Gubernur untuk menanggulangi persoalan ini antara lain tentang pembangunan rumah layak huni bekerja sama dengan Dinas terkait dengan beberapa sumber dana yang tersalur. program ini sudah diatur dan akan direalisasikan sesuai aturan yang sudah tertuang.
Keseluruhan materi lebih menitik beratkan pada penanganan dan peningkatan Inovasi desa, serta Pemanfaatan dana desa secara tepat guna.
Diharapkan agar Pemanfaatan dana desa dan Dana PID dapat membiayai pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. SLT.

Facebook Comments
About adminnualain 10 Articles
Admin web desa Nualain. @surilebotheodorus

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan