DINKES Kabupaten Belu sosialisasikan pentingnya ASI kepada Masyarakat Desa Nualain

Kader Posyandu Desa Nualain mengikuti Sosialisasi pentingnya ASI EKSKLUSIF oleh DINKES Kabupaten Belu Bidang Kesehatan Masyarakat.

Nualain.desa.id. Sabtu, 24 Mei 2019. Lebih dari 30an Kader dan Ibu-ibu desa Nualain mengikuti kegiatan sosialisasi pentingnya 1000 HPK (ASI EKSKLUSIF) yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan bidang Kesehatan Masyarakat Kab. Belu.
Hadir dalam pembukaan kegiatan, Kepala Desa Nualain, Martinus Seran mengungkapkan bahwa materi hari ini sangat penting untuk Masyarakat terutama Bagi para ibu menyusui. Jadi kita mewakili Masyarakat Desa Nualain yang berkesempatan hadir pada hari ini, harap menyimak semua isi materi yang akan disamapaikan narasumber sebentar. Sehingga dapat disosialisasikan kepada Masyarakat setelah selesai kegiatan Ini. Ungkap Seran dalam sambutannya.

Selaku narasumber, Vita Kaibuti bersama beberapa rekan lainnya menyampaikan pentingnya 1000 HPK (ASI EKSKLUSIF) bagi peserta yang hadir dalam kegiatan Ini. Pemberian ASI EKSKLUSIF dari 0-6 Bulan tidak boleh diberi makan makanan tambahan apapun. Seandainya ada campuran air minum sebagai cadangan kepada bayi, itu sudah bukan ASI EKSKLUSIF lagi. Termasuk Pemberian obat dan makanan tambahan harus menggunakan ASI.
Dalam penyampaian materi juga disampaikan materi tentang IMD (Inisisasi Menyusui Dini). Bayi yang baru lahir diletakkan diatas dada ibunya, dan secara alamia bayi mencari putting susu ibunya. Hal Ini perluh dilakukan oleh Ibu yang baru melahirkan. ASI berwarna Kuning (Kolostrum) yang pertama keluar sebagai bekal bagi bayi untuk menjaga kekebalan bagi bayi. Tegas Vita diselah materinya.
Salah seorang peserta, grace yang hadir merupakan Ibu menyusui sangat merasakan manfaat materi Ini. Saya cukup terbantu, karena kami biasanya saat waktu mendesak atau ada urusan lain, biasanya bayi saya titipkan kepada keluarga sehingga kadang berpikir untuk memberi air kepada anak kalau terlambat pulang.
Tadi Ada penjelasan lanjutan bagaimana bayi tetap mendapatkan ASI walaupun Ibu sedang keluar. Kata pemateri kami bisa berdiskusi lebih lanjut bila ada yang ingin ditanyakan. Ini cukup membantu kami, Ungkap Gres usai kegiatan.
Kegiatan Ini masih terus berlanjut ke semua desa, sehingga penyadaran tentang pentingnya ASI kepada bayi dapat disimak dan dimengerti semua Masyarakat. SLT.

Facebook Comments
About adminnualain 10 Articles
Admin web desa Nualain. @surilebotheodorus

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan