Selayang pandang Karang Taruna Desa Nualain

Karang taruna (KT) desa Nualain, atau disebut KT Railubu, merupakan Komunitas pemuda Desa Nualain, Kecamatan Lamaknen Selatan, Kabupaten Belu – NTT yang terbentuk atas inisiatif pemuda. Didirikan pada November Tahun 2017, atas kepedulian terhadap sesama orang muda yang tidak terstruktur secara baik dalam desa. setelah berkaca dari KT desa lain yang sudah sangat berkembang dari segi SDM dan pemberdayaan disegala aspek. akhirnya setelah berembuk dan meminta persetujuan dari Pemdes dan tokoh masyarakat, Pemuda Nualain berhasil membentuk Karang Taruna Railubu.

Berikut adalah struktur organisasi KT Desa Nualain pada Tahun 2017 s.d 2019

Ketua        : Suri Lebo Theodorus, S.Pt

Sekretaris : Silvester Rivaldo Mali

Bendahara : Maria D. Ida Bete

Bidang Pemberdayaan : Jimianus F. Koli Ati

Organisasi & Pendidikan       : Robianus P. Ati

Olahraga                      : Falerianus Bere

Seni Budaya                 : Agnes Koe

Sosial dan Humas        : Paul P. Dasi

Kerohanian                   : Sebastiana Soi

Sedangkan untuk kebutuhan lainnya yang belum termasuk dalam struktur diatas, sementara masih dalam upaya dan ditambahkan sesuai keperluan. Dalam perjalanan komunitas ini, biasanya untuk memenuhi kebutuhan SDM, hanya melakukan pembentukan OC demi kelancaran kegiatan dan bekerja secara kolektif seperti pada umumnya.

Kegiatan yang sementara dijalankan adalah Penataan Gua Maria (Wisata Rohani) dan Penataan Kampung adat Nualain, sambil menunggu realisasi Anggaran Desa pada Tahun 2019 untuk memaksimalkan kegiatan penataan dimaksud. Sedangkan pemberdayaan dibidang pertanian peternakan seperti kelompok tani dan kelompok peternakan sampai pada pengelolaan Biogas sudah dalam perencanaan, tinggal menunggu realisasi dana desa pada Tahun 2019 ini untuk dilaksanakan. Demi kelancaran kegiatan yang sudah dicanangkan, Pengurus KT terus membangun komunikasi baik dengan Pemdes, sehingga semua kebutuhan dapat dibackup oleh Pemerintah. (SLT) 

Facebook Comments
About adminnualain 10 Articles
Admin web desa Nualain. @surilebotheodorus

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan