Kominfo Kabupaten Belu Siapkan SDM Untuk Mengelolah Website Desa

Kominfo Kabupaten Belu Siapkan SDM Untuk Mengelolah Website Desa

Nualain.desa.id. Kominfo Kabupaten luncurkan SDM yang siap mengelolah web desa di seluruh kabupaten Belu. Wartawan desa atau pengelolah web desa sebagai tulang punggung informasi desa untuk perkembangan informasi bagi dunia luar dan masyarakat desa itu sendiri. Ketertinggalan desa dari masyarakat luas dikarenakan tidak adanya SDM yang mampu menjadi motor penggerak sehingga masyarakat secara individu mencari informasi untuk melakukan sesuatu yang baru sesuai keinginannya.

Oleh karena itu, dinas Kominfo Kabupaten Belu, mengadakan Kegiatan fasilitasi peningkatan pemanfaatan jaringan internet dan website, dengan menghadirkan Narasumber kegiatan, Obeth Suri, pengelolah website desa Kakuluk Mesak, Evo pengelolah Website desa Tohe tentang materi Pengelolaan Menu dan tampilan Web, dan Richi Anyan dari media online Pelita Expres tentang cara penulisan berita. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah 10 orang dari seluruh desa di Kabupaten Belu. Kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan SDM dalam rangka pemanfaatan jaringan internet dan website desa. Kegiatan dilaksanakan di Aula dinas Kominfo Kab. Belu pada hari senin dan selasa, 20 dan 21 Mei 2019.

Kepala Dinas Kominfo, Johanes Andes Prihatin SE. M.Si dalam sambutannya mengungkapkan bahwa beliau sangat berkeinginan, jaringan internet yang sudah ada di desa dapat dimanfaatkan dengan baik, agar masyarakat desa dapat melek internet dan informasi. Teman-teman diajak ke sini utuk memanfaatkan web desa yang sudah ada dengan memberikan informasi-informasi penting kepada masyarakat desa dan masyarakat pada umumnya.

Informasi yang disampaikan berupa pengelolaan ADD, kegiatan – kegiatan di Desa, kegiatan Ekonomi Kreatif masyarakat, motofasi-motifasi penambahan etos kerja masyarakat dan potensi-potensi lain yang ada di desa, jadi web desa itu tidak digunakan untuk menulis gosip di desa. Harapannya, melalui pelatihan ini para peserta dapat mengelolah web desa secara maksimal sehingga masyarakat dapat juga mendapat manfaat dari web dan jaringan yang ada di desa tersebut.

Richi, salah satu pemateri dalam kegiatan ini, dalam materinya Fehuk menuturkan bahwa Menulis sebuah berita, bukan hal yang sulit tapi juga bukan hal yang muda, butuh latihan dari waktu ke waktu. Tidak seorang pun yang dilahirkan sebagai penulis. “seseorang menjadi penulis karena terus melatih diri sehingga menjadi seorang penulis yang hebat”. Tegas Richi narasumber kegiatan ini.

Primus, salah satu peserta dari desa halimodok; “kami dari peserta sangat terbantu dengan kegiatan ini. Primus berharap kegiatan ini dapat dilakukan lagi agar kami dapat mengasah kompetensi kami dalam menulis”. Seluruh peserta yang sangat antusias dari awal kegiatan sampai selesai. kami berharap adanya dukungan dari semua pihak agar pengembangan informasi di kawasan kita dapat meningkat seperti daerah-daerah lainnya. Karena dengan adanya jaringan seperti ini, kita juga dapat membuka diri dan menunjukkan wajah desa kita kepada dunia. (SLT)

Facebook Comments
About adminnualain 10 Articles
Admin web desa Nualain. @surilebotheodorus

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan